Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Tiktok pada Siswa Sma Terbuka Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng

Authors

  • Sulaeman Sulaeman STAI Darussalam Kunir, Subang, Indonesia
  • Nour Khalid STAI Darussalam Kunir, Subang, Indonesia
  • Fitria Zulfa STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia
  • Septian Eka Prahardik STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i2.106

Keywords:

TikTok, Digital Marketing, Keterampilan Digital, Remaja, Pelatihan, Pemasaran Digita

Abstract

Aplikasi Tiktok menjadi salah satu platform berbagi konten video pendek yang sangat populer khususnya di kalangan remaja. Dalam konteks ini, pendidikan pemasaran digital menggunakan TikTok penting bagi siswa sekolah menengah atas untuk memahami strategi pemasaran digital yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan dan melaksanakan pelatihan pemasaran digital yang berfokus pada penggunaan aplikasi TikTok bagi siswa SMA Terbuka Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng. Pelatihan ini memperkenalkan siswa pada konsep dasar pemasaran digital, termasuk memahami audiens, membuat konten yang menarik, dan menganalisis kinerja. Para Siswa juga diajarkan cara meningkatkan visibilitas konten menggunakan fitur khusus TikTok, seperti hashtag, efek kreatif, dan kolaborasi dengan pengguna lain. Selain itu, aspek etika dan keamanan digital akan menjadi fokus pelatihan ini, dengan tujuan untuk menyampaikan kepada siswa pentingnya menjaga integritas dan reputasi dalam lingkungan digital. Para Siswa juga akan belajar bagaimana memahami dampak sosial dari konten yang mereka bagikan dan mengelola interaksi mereka dengan pengikut dan pengguna lain. Kami berharap dengan pelatihan ini  siswa SMA Terbuka Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng ini dapat memperoleh keterampilan pemasaran digital terkait tren saat ini dan mendapatkan pemahaman  lebih dalam tentang dunia pemasaran digital. Selain itu, pelatihan ini dirancang untuk memberikan siswa pengalaman praktis yang berharga untuk mempersiapkan mereka berkarir di bidang pemasaran digital dan kreatif.

References

Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56..

Harahap, B., Hasibuan, E. H., Rambe, A., Singarimbun, R. N., & Syahputra, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 di Masjid Muhammad Jayak. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 22-29.

Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.

Omar, F. I., Zan, U. M. S. M., Hassan, N. A., & Ibrahim, I. (2020). Pengaruh pemasaran digital terhadap prestasi usahawan perusahaan kecil dan sederhana. E-Jurnal Penyelidikan dan Inovasi, 138-155.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44-53.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Sulaeman, S., Khalid, N., Zulfa, F., & Prahardik, S. E. (2023). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Tiktok pada Siswa Sma Terbuka Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i2.106