Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Karang Taruna Pesona Gading

Authors

  • Mika Evanggelina Manurung Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Jawa Barat, Indonesia
  • Aniyah Fardani Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Jawa Barat, Indonesia
  • Fakhri Ramdhani Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v2i1.111

Keywords:

Pelatihan Aplikasi Canva, Fungsionalitas Media Sosial, Karang Taruna Pesona Gading

Abstract

Melalui kegiatan ini kami memperkenalkan penggunaan aplikasi Canva kepada generasi muda khususnya Karang Taruna Kelurahan Wanajaya Cibitung.Canva adalah salah satu software untuk membuat grafik media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnya.Aplikasi ini juga menyediakan berbagai contoh desain yang bisa Anda gunakan.Canva tersedia gratis dan berbayar.Anda dapat mengakses Canva dari desktop atau perangkat seluler .Ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis desain, termasuk logo, poster, spanduk iklan, faktur, desain kemasan produk, gambar mini YouTube, infografis, buletin, gambar unggulan blog, dan konten media sosial. Pengabdian kepada Masyarakat akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom seperti yang dijelaskan pada Pengabdian Kepada Masyarakat .Dengan demikian peserta diharapkan memahami dan memahami petunjuk penggunaan Canva serta mampu: Silakan lakukan itu untuk memastikan aplikasi berhasil.

References

Abdurrahman, Ginanjar, et al. "Pelatihan digital marketing pada UMKM sebagai penunjang kegiatan promosi dan pemasaran." Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 1.2 (2020): 88-92.

Bernheim, B. D., Garrett, D. M., & Maki, D. M. (2001). Education and saving: The longterm effects of high school financial curriculum mandates. Journal of Public Economics, 80, 435-465 [2]

Erawan, Ayu Pradnyandari Dananjaya, et al. "Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Digital Umkm Desa Keramas." BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4.1 (2023): 200-205.

Fahdia, Muhammad Rizki, et al. "Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur." Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika 2.1 (2022): 34-39.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Helman, R., VanDerhei, J., & Copeland, C. (2007). The retirement system in transition: The 2007 retirement confidence survey. (Issue Brief No. 304). Washington, DC: Employee Benefit Retirement Institute

Hendriadi, Ade Andri, Betha Nurina Sari, and Tesa Nur Padilah. "Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang." Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA 4.2 (2019): 120-125.

Karim, Abdul, et al. "Pelatihan digital marketing dalam meningkatkan kompetensi siswa smk negeri 1 rantauprapat." Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum. Vol. 3. No. 2. 2022.

Klepper, L., Lusardi, A. & Oudheusden, P.V. (2015). Financial Literacy around the World: Insights from the Standard&Poor’s Ratings Services Global Financial Literacy Survey

Maryati, S. (2015). Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografi Indonesia. Journal of Economic and Economic Education Vol. 3 No. 2 (124- 136)

Nirmala, M., Muntahanah, S., & Achadi, A. (2022). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan: Studi Empiris Mahasiswa Feb Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Jurnal MONEX, 01(11), 1–9.

Pranoto, Pranoto, Jasmani Jasmani, and I. Nyoman Marayasa. "Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur-Tangerang." Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 1.2 (2019): 250-258.

Purnomo, Nanto. "Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing." Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4.3 (2020): 376-381.

Purnomo, Nanto. "Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing." Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4.3 (2020): 376-381.

Saudah, Saudah, et al. "Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui pelatihan digital marketing." Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6.3 (2021): 358-371.

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. In Accounthink : Journal Of Accounting And Finance (Vol. 4, Issue 02).

Supriyanto, Agus. "Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus." JCSE: Journal of Community Service and Empowerment 3.1 (2022): 38-46.

Syifa, N. N., Syahdini, M., & Nirbita, B. N. (2023). Pengaruh Literatur Keuangan dalam Membantu Mengatur Keuangan dalam Kehidupan Sehari-hari. Abdimas, 4(3). https://doi.org/10.47841/jsoshum.v4i3.301

Syifa, Yahya Ibnu, et al. "Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19." ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2.1 (2021): 6-13.

Syifa, Yahya Ibnu, et al. "Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19." ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2.1 (2021): 6-13.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Manurung, M. E. ., Fardani, A., & Ramdhani, F. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Karang Taruna Pesona Gading. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v2i1.111