Kreativitas Lokal Dalam Peningkatan Manajemen Keuangan Dan Perbankan: Menuju Pemberdayaan Ekonomi Komunitas

Authors

  • Ibrahim Bali Pamungkas Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indoensia
  • Arif Surahman Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Wahyu Andri Wibowo Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v2i1.121

Keywords:

Kreatif, Inovasi Keuangan

Abstract

Banyak siswa yang rentan terhadap masalah keuangan di masa depan, seperti utang yang berlebihan, kesulitan dalam mengatur keuangan, dan kurangnya investasi untuk masa depan mereka. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang manajemen keuangan dan perbankan, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang lebih mandiri secara finansial dan mampu menghadapi tantangan ekonomi yang kompleks. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara umum untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa tentang konsep dasar manajemen keuangan dan perbankan, termasuk pengelolaan anggaran, tabungan, investasi, dan risiko keuangan dan mengevaluasi efektivitas strategi pendidikan yang diimplementasikan dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang manajemen keuangan dan perbankan serta keterampilan keuangan mereka secara keseluruhan. Hasilnya tingkat pemahaman siswa tentang manajemen keuangan dan perbankan cenderung bervariasi, tergantung pada berbagai faktor seperti latar belakang pendidikan, lingkungan sosial, dan akses terhadap sumber daya keuangan dan inovasi keuangan lokal dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang manajemen keuangan dan perbankan.

References

Adha, Farizal. 2024. Inovasi Finansial: Manfaat Bagi Masyarakat. https://kumparan.com/farizal-adha/inovasi-finansial-manfaat-bagi-masyarakat-21qk5YfwWUz (diakses 26 Mei 2024).

Adih Supriadi, Edy Arisondha, Titis Nistia Sari. 2023. Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan Usaha pada UMKM. Widina Bhakti Persada . Bandung.

Darwis, Dahlia. 2023. Pengaruh Kearifan Lokal Pada Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

DISKOMINFO KEPRI. 2022. 17 Inovasi Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Tingkatkan Layanan dan Kinerja Tata Kelola Keuangan Daerah. https://kepriprov.go.id/berita/kementerian/17-inovasi-ditjen-bina-keuangan-daerah-kemendagri-tingkatkan-layanan-dan-kinerja-tata-kelola-keuangan-daerah (diakses 26 Mei 2024).

Herlambang, Toni, dkk. 2021. Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Pelaku Umkm Di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono. Universitas Muhammadiyah. Jember.

LPPM UNISBA. 2024. Inovasi Pengelolaan Keuangan Desa: “Meningkatkan Efisiensi dan Transparansi”. https://lppm.unisba.ac.id/5671-2/ (diakses 26 Mei 2024).

Wahyudiono. 2019. MANAJEMEN UMKM, Meningkatkan Daya Saing Berbasis Kearifan Lokal. CV. Putra Media Nusantara (PMN). Surabaya.

Wikipedia. 2023. Inovasi keuangan. https://id.wikipedia.org/wiki/Inovasi_keuangan (diakses 26 Mei 2024).

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Pamungkas, I. B., Surahman, A., & Wibowo, W. A. (2024). Kreativitas Lokal Dalam Peningkatan Manajemen Keuangan Dan Perbankan: Menuju Pemberdayaan Ekonomi Komunitas. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v2i1.121