Optimalisasi Kreativitas Dalam Manajemen Pemasaran: Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha

Authors

  • Nanda Rodiyana Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Laura Komala Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Rahadyan Tajuddien Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v2i1.123

Keywords:

Creativity, Technology

Abstract

Optimalisasi kreativitas dalam manajemen pemasaran adalah sangat penting untuk meningkatkan daya saing usaha, baik itu usaha besar maupun usaha kecil dan menengah (UMKM). Pengabdian masyarakat dapat membantu dalam peningkatan kreativitas dalam manajemen pemasaran, seperti yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengenai optimalisasi pemasaran UMKM makanan dengan pemanfaatan Whatsapp Business. Pelatihan dan pendampingan yang disertai dengan praktik dan penugasan untuk perumusan strategi pemasaran usaha tiap peserta dapat membantu peserta mampu memahami materi yang diberikan dan memiliki kompetensi yang lebih baik. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara umum untuk memahami dan memanfaatkan teknologi serta peran kreativitas dalam manajemen pemasaran dan pentingnya pengembangan keterampilan kreatif pada siswa sebagai bekal untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi. Hasilnya dengan mengintegrasikan kreativitas dengan pendekatan pengabdian masyarakat, siswa/i dapat menciptakan diferensiasi yang signifikan di pasar, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan daya saing usaha secara keseluruhan.

References

Andini, Emma. 2023. Digital Marketing: Defini, Jenis, serta Manfaatnya untuk Bisnis Anda. https://sleekflow.io/id-id/blog/definisi-digital-marketing-dan-manfaatnya (diakses 26 mei 2024).

Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.

Hairudinor & Rizki Muslim Hidayat. 2023. Pelatihan Pengembangan Usaha Dan Optimalisasi Kreativitas UMKM Melalui Digital Marketing Di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul). Vol. 3, No. 1, Hal. 72-78.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Herawati, Annisa. 2023. Cara Menentukan KPI Pemasaran Beserta Contohnya. https://kledo.com/blog/kpi-pemasaran/ (diakses 26 Mei 2024).

Hidayat, Habib. 2022. Kreativitas dalam Marketing, Berperan Penting dalam Upaya Menjangkau Pelanggan. https://myrobin.id/untuk-bisnis/kreativitas-dalam-marketing/ (diakses 26 Mei 2024).

Kumala, D., Herawati, E., & Haryadi, R. N. (2024). Analysis of Decreasing Sales Turnover of Muslim Clothes in Tanah Abang Market Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(1), 69-79.

MTarget. 2022. Digital Marketing vs Tradisional Marketing. https://mtarget.co/blog/digital-marketing-vs-tradisional-marketing/ (diakses 26 Mei 2024).

Nafadanada. 2024. Meningkatkan Efektivitas Manajemen Pemasaran dengan Kreativitas. https://bms.telkomuniversity.ac.id/meningkatkan-efektivitas-manajemen-pemasaran-dengan-kreativitas/ (diakses 26 Mei 2024).

Restin Meilina, dkk. 2022. Optimalisasi Strategi Pemasaran Untuk Penguatan Kelompok UMKM Desa Karangtalun Kabupaten Kediri. Abdimas Akademika. Vol. 3, No. 2, Hal. 110-119.

Syarif, dkk. 2022. Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM). Vol. 2, No. 1, Hal. 54-66.

Tasim, Clarin. 2024. 8 Cara Mengukur Efektivitas Pemasaran dengan Benar. https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/cara-mengukur-efektivitas-pemasaran/ (diakses 26 Mei 2024).

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Rodiyana, N., Komala, L., & Tajuddien, R. (2024). Optimalisasi Kreativitas Dalam Manajemen Pemasaran: Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v2i1.123