Harga Pokok Produksi dan Penjualan pada UMKM West Java Store di Kecamatan Tambun Selatan

Authors

  • Yusril Yusril a:1:{s:5:"en_US";s:54:"STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia";}
  • Kasidjo Kasidjo STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia
  • Ade Juanda STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia
  • Aldi Ridwan Pratama STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i1.48

Keywords:

Harga Pokok, Penjualan, UMKM

Abstract

Suatu bidang produksi pasti mempunyai tujuan yang ini dicapi oleh perusahaan tersebut. Umumnya tujuan utama suatu UMKM adalah mendapatkan laba atau keuntungan yang besar. Setiap kegiatan produksi membutuhkan biaya produksi karena biaya produksi ditunjukan untuk memperoleh nilai ekonomis produk yang lebih tinggi. Oleh karena itu setiap UMKM membutuhkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Bagi sebuah UMKM baik dibidang fashion, jasa, maupun kuliner, perhitungan dan penyusunan harga pokok adalah suatu hal yang penting. Untuk itu diperlukan adanya penyusunan harga pokok yang tepat dan rasional, tepat dan wajar yang dimaksud adalah semua biaya yang menjadi beban sebagai harga pokok menunjukkan hal yang wajar dan unsur – unsur harga pokok sendiri dapat dialokasikan sesuai dengan fungsinya masing – masing. UMKM merupakan tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Ada banyak jenis UMKM baik itu yang bergerak dibidang fashion, kuliner, menengah, kecil, dan agribisnis. Dari berbagai jenis UMKM yang ada pada umumnya semua UMKM memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan menekan biaya produksi serta kerugian seminimal mungkin untuk memajukan UMKM. Kondisi ini yang menyebabkan adanya persaingan yang keta tantara UMKM yang sejenis. Persaingan tersebut sangat beraneka ragam, mulai dari segi kualitas maupun harga produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

References

Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54-66.

Daud, Zikriarul Ulya. 2019. Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadp Keputusan Pembelian Rumah Pada Green Avina Birem Puntung Langsa Baro. Jurnal Manajemen & Keuangan, Vol. 7 No. 2 November 2018.

Dr. Wiwik Lestari, M.Si & Dhyka Nagus Permana, S.E., M.M. 2017. Akuntansi Biaya Sistem Perspektif Manajeral. Jakarta: Salemba.

Drs. HARNANTO, M.Soc. SC., Akuntan. 2018. Akuntansi Biaya Konsep dan Metodologi Penggolongan Biaya Elemen Biaya Produksi Perhitungan Harga Pokok Produk. Jakarta: Salemba.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Indah Sari, Dian. 2018. Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Harga Pokok Pesanan Pada PT Tobeco. Perspectif.

Joesyiana, K., Prihastuti, A. H., & Al Sukri, S. (2020). Analisis Kreatifitas Dan Inovasi Pengusaha Coffee Shop Subsektor Penikmat Kopi Di Pekanbaru. Media Bina Ilmiah, 14(12), 3671-3682.

Kiki, J. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 2502-1419.

Lanen. William.N & dkk. 2019. Dasar – Dasar Akuntansi Biaya (Edisi 4 Buku 1). Jakarta. Salemba Empat.

Nasihin Ihsan, Syifa Pramudita Faddila. 2021. Pelatihan Penyusunan Sistem Informasi Akutansi dan Pelaporan Keuangan. Jurnal Masyarakat Mandiri.

Nasrulloh, M. U., Lailiyah, I. N., Ngaeni, K., Febriyanti, N., Nugroho, G. A., ZR, W. A. A., ... & Suyono, N. A. (2023). Gandeng Para Remaja dalam Digitalisasi Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Desa Pucungbedug, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara Melalui Program “Muda Berkarya”. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6-11.

Utarinda, D., Haryadi, R. N., Al Farisi, M. S., Mutaufiq, A., & Eliza, E. (2022). Pelatihan Manajemen Bisnis Kedelai dalam Meningkatkan Kualitas Produk bagi Pelaku Usaha Kedelai di Purwakarta. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 264-269.

Wahyuni, S., Joesyiana, K., Zainal, H., & Basriani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kegiatan Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 31-36.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Yusril, Y., Kasidjo, K., Juanda, A., & Pratama, A. R. (2023). Harga Pokok Produksi dan Penjualan pada UMKM West Java Store di Kecamatan Tambun Selatan. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i1.48