Optimalisasi Potensi dan Peningkatan Daya Saing UMKM Cileungsi Melalui Program Pengabdian Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i1.49Keywords:
UMKM, Cileungsi, Daya Saing, Ekonomi, PelatihanAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, UMKM sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi UMKM di Cileungsi dan meningkatkan daya saing mereka melalui program pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian ini menggun metode partisipatif, melibatkan para pengusaha UMKM, akademisi, dan lembaga pemerintah terkait. Langkah-langkah yang dilakukan termasuk identifikasi potensi UMKM Cileungsi dan penyusunan strategi pengembangan yang sesuai. Pelatihan dan pendampingan diberikan kepada para pengusaha UMKM untuk meningkatkan keterampilan manajemen, pemasaran, dan keuangan mereka. Hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing UMKM Cileungsi dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan peningkatan potensi dan kualitas UMKM, diharapkan UMKM dapat lebih aktif berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
References
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Najib, M. F., Februadi, A., Djarnika, T., Rafdinal, W., Lasambouw, C. M., & Nuryati, N. (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56-64.
Parmuji, P., Muldani, V., & Busro, M. A. (2023). Pengembangan Inovasi Produk dan Proses Produksi untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Rumah Qur'an Baitul Karim. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41-44.
Ramadhani, F., & Arifin, Y. (2013). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi komunikasi berbasis e-commerce sebagai media pemasaran usaha kecil menengah guna meningkatkan daya saing dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2).
Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda, W. (2020). Peningkatan daya saing umkm melalui optimalisasi penyusunan laporan keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97-105.
Umam, H. S., & Mafruhat, A. Y. (2022). Strategi Optimalisasi Smart Economy Dalam Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kota Bandung. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), 355-368.
Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sawqi Saad El Hasan, Muhammad Salman Al Farisi, Novingky Ferdinand
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.