Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah

Authors

  • Ana Wijandari STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Anne Nurdiana STAI Siliwangi, Garut, Jawa Barat, Indonesia
  • Gania Fasya STAI Yapata Al-Jawami, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Anita Pancawati STAI Muhammadiyah, Garut, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i1.68

Keywords:

Pelatihan, Penyusunan, Laporan Keuangan, UKM

Abstract

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merup upaya penting untuk membekali para pemilik dan manajer UKM dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola aspek keuangan bisnis mereka. Artikel ini menyajikan gambaran tentang tujuan, metode, dan materi pelatihan tersebut. Dalam pelatihan ini, peserta  memperoleh pemahaman tentang konsep dasar laporan keuangan, jenis-jenis laporan keuangan, serta langkah-langkah praktis dalam menyusun laporan keuangan yang akurat. Melalui kombinasi presentasi, studi kasus, dan sesi tanya jawab, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola keuangan UKM secara efektif. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan informasi keuangan yang akurat dan relevan.

References

Astutik, R. E. P., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(3).

Attarie, P. N. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (studi empiris perusahaan yang terdaftar di BEI). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 4(3), 45–59.

Muria, G. (2018). Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih (studi kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI periode 2012-2016). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 19–33.

Mustika, I., & Ferdila, F. (2022). Analisa Kesiapan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Keuangan dan Penerapan SAK EMKM Pada Laporan Keuangan UMKM.(Studi Kasus Pada UMKM Laundry Box di Kota Batam). Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(2), 248–259.

Sembiring, Y., & Elisabeth, D. M. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Manajemen, 4(2), 131–143.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Wijandari, A., Nurdiana, A., Fasya, G., & Pancawati, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah . Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–17. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i1.68