Pelatihan Keuangan dan Literasi Bisnis untuk UMKM: Pengabdian yang Berdampak pada Stabilitas Usaha Mikro di Sumedang

Authors

  • Indi Aulia Romdoni STAI Sebelas April, Sumedang, Indonesia
  • Nely Purwanti STAI Sebelas April, Sumedang, Indonesia
  • Agus Hermawan STAI Sebelas April, Sumedang, Indonesia
  • Rofiq Noorman Haryadi STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Lina Pusvisasari STAI Al-Azhary, Cianjur, Indonesia
  • Irawati Irawati STAI Al Aulia, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i2.83

Keywords:

Pelatihan Keuangan, Literasi Bisnis, UMKM, Stabilitas Usaha

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami konsep pengelolaan keuangan dan literasi bisnis secara mendalam. Melalui metode wawancara dengan 30 pelaku UMKM, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang literasi bisnis dan keuangan. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas peserta memiliki pemahaman dasar namun kurang dalam aspek penting seperti perencanaan bisnis dan strategi pemasaran. Pelatihan yang diberikan menekankan pada aspek-aspek tersebut, membantu peserta dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan usaha, menerapkan prinsip pengelolaan keuangan yang baik, dan menyusun strategi pemasaran yang efektif. Feedback positif diterima dari peserta, banyak yang merasa lebih percaya diri dalam mengelola usaha dan optimis terhadap pertumbuhan usahanya. Dengan demikian, pelatihan keuangan dan literasi bisnis telah memberikan dampak signifikan pada stabilitas UMKM, menegaskan pentingnya pendidikan dan pelatihan untuk mendukung keberlanjutan UMKM di era digital.

References

Aaker, David A.1991. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of Brand Name. New York: The Free press, Hl,.15-16. Dalam Chan, Arianis. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis (2010) Vol.6, No.1, Center for Bussines Studies Fisip UNPAR http://kangkung.desa.id/ Desa Kangkung Kabupaten Demak

Hidayat, Syauqi & Triyuwono, Iwan. 2019. Praktik Penentuan Harga Jual Berbasis Meuramin. Malang: Jurnal Akuntansi Multiparadigma (2019) Vol. 10, No.1, Hal. 42-62.

Putri, A.D., Permatasari, Berliana & Suwarni, Emi. 2023. Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) (2023). Vol 4, No 1, Maret 2023, Hal 119-123. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2658

WIPO. 2008. Membuat Sebuah Merek (Pengantar Merek untuk Usaha Kecil dan Menengah). Jakarta: Kamar Dagang Industri Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Romdoni, I. A., Purwanti, N., Hermawan, A., Haryadi, R. N., Pusvisasari, L., & Irawati, I. (2023). Pelatihan Keuangan dan Literasi Bisnis untuk UMKM: Pengabdian yang Berdampak pada Stabilitas Usaha Mikro di Sumedang. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.56457/jabdimas.v1i2.83